Sabtu, 22 Juni 2013

ekonomi

                                                                             

ekonomi pemasaran

PEMASARAN STRATEGIK
Bab i
Pengertian pemasaran
Pemasaran :
Domain dan Dinamika
Selama ini, istilah pemasaran kerap kali dirancukan dengan “penjualan” dan “periklanan”. Contoh paling jelas dapat dijumpai pada departemen pemasaran yang ada banyak diperusahaan. Kebanyakan diantaranya hanyalah berfokus pada perancangan iklan dan aktivitas penjualan. Posisi manajer pemasaran juga tak jarang diidentikan dengan manajer penjualan. Tanggung jawab staf pemasaran difokuskan hanya sebagai wiraniaga. Kinerja mereka diukkur hanya semata-mata dari pencapain target penjualan yang kerap kali ditetapkan secara intuitif.
Padahal, pengertian pemasaran sesungguhnya jauh lebih luas dibandingkan penjualan maupun periklanan. Untuk itu ada baiknya bila kita mengacu pada definisi formal mengenai pemasaran. Mengapa demikian ? Defenisi merumuskan secara jelas ruang lingkup dan konten mengenai apa yang dijabarkan, menetapkan batasan-batasannya dan menjelaskan isu atau topic utamanya. Definisi formal pemasaran mengungkapkan secara jelas makna atau signifikansi pemasaran.
Macam-macam definisi pemasaran :
1. Fungsi pemasaran adlah pembentukan kontak (establishment of contact) (cherington, 1920)
2. Pemasaran adalah kinerja aktivitas bisnis yang mengatur aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen (American Marketing Association, 1953)
3. Pemasaran adalah proses menentukan permintaan konsumen atas sebuah produk atau jasa, memotivasi penjualan produk/jasa tersebut dan mendistribusikannya pada konsumen akhir dengan memperoleh laba (Brech, 1954)
4. Pemasaran terdiri atas semua aktivitas yang dirancang untuk menghasilkan dan memfasilitasi setiap pertukaran yang dimaksudkan untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan konsumen (Kotler, 1972)
5. Pemasaran merupakan proses dimana struktur permintaan terhadap produk dan jasa diantisipasi atau diperluas dan dipuaskan melalui konsepsi, promosi, distribusi, dan pertukaran barang (Carman, 1973)
6. Pemasaran berfokus pada upaya penciptaan dan pemeliharaan relasi pertukaranyang salin memuaskan (Baker, 1975)
7. Fungsi pemasaran memprakarsai, menegosiasikan dan mengelola relasi pertukaran dengan key interest groups dalam rangka mewujudkan keunggulan bersaing berkesinambungan dalam pasar-pasar spesifik (Day & Wensley, 1983)
8. Pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individual dan organisasional (Amerikan Marketing Association, 1985)
9. Pemasaran merupakan proses manajemen yang mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memasok kebutuhan pelanggan secara efisien dan menguntungkan (Chartered Institude of Marketing, 1986)
10. Pemasaran bertujuan untuk menjalin, mengembangkan, dan mengomersialisasikan hubungan dengan pelanggan untuk jangka panjang sedemikian rupa sehingga tujuan masing-masing pihak dapat terpenuhi. Hal ini dilakukan melalui proses pertukaran dan saling memenuhi janji (Gronroos, 1987)
11. Pemasaran didefinisikan sebagai aktivitas individual dan organisasional yang memfasilitasi dan memperlancar hubungan pertukaran yang saling memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui pengembangan, distribusi, promosi, dan penetapan harga barang, jasa, dan gagasan (Diib, Simkin, Pride & farrel, 1991)
12. Pemasaran adalah mengembangkan, mempertahankan dan meningkatkan relasi dengan para pelanggan dan mitra lainnya, dengan mendapatkan laba, sedemikian rupa sehingga tujuan masing-masing pihak dapat tercapai. Hal ini dapat diwujudkan melalui pertukaran dan pemenuhan janji yang saling menguntungkan (Gronroos, 1993)
13. Pemasaran merupakan pengantisipasian, pengelolaan, dan pemuasan permintaan melalui proses pertukaran (Evans & Berman,1997)
14. Pemasaran merupakan system total aktivitas bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk, jasa dan gagasan yang mampu memuaskan keinginan pasar sasaran dalam rangka mencapai tujuan organisasional (Miller & Layton, 2000)
15. Pemasaran merupakan proses manajemen yang berupaya memaksimumkan laba (retruns) bagi pemegang saham dengan jalan menjalin relasi dengan pelanggan utama (valued customers) dan menciptakan keunggulan kompetitif (Doyle, 2000)
16. Pemasaran adalah proses social dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai satu sama lain (Kotler, 2000)
17. Pemasaran merupakan proses bisnis yang berusaha menyelaraskan antara sumber daya manusia, financial dan visi organisasi dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggan konteks strategi kompetitif organisasi (Meldrum, 2000)
18. Pemasaran merupakan upaya mewujudkan nilai dan kepuasan pelanggan dengan mendapatkan laba (Kotlr, Brown,Adam &Armstrong, 2004)
19. Pemasaran merupakan fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan, mengomunikasikan, dan menyampaikan nilai bagi para pelanggan, serta mengelola relasi pelanggan sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi organisasi dan para stakeholdernya (American Marketing Association,2004)
20. Pemasarn merupakan serangkaian aktivitas kegiatan perusahaan untuk menstimulasi permintaan atas produk atau jasa dan memmastikan bahwa produk di jual disampaikan pada para pelanggan (Vankatesh & Penaloza, 2006)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar